Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Persiapkan Hal Ini Jika Kamu Ingin Masuk Kampus Impian

Kampus merupakan salah satu tempat mengenyam pendidikan yang akan dijadikan tujuan berikutnya oleh sebagian besar alumni SMA. Di Indonesia sendiri perguruan tinggi dibagi menjadi 2 jenis yakni negeri dan swasta, dimana untuk masuk ke salah satunya membutuhkan persiapan yang matang. 

Meskipun tak sedikit anak yang tidak ingin ribet berkuliah namun hampir semuanya pasti menginginkan masuk kampus impian.Perlu kamu tahu bahwa untuk bisa masuk ke kampus dan mendapatkan gelar mahasiswa itu tidak segampang ketika memperjuangkan lolos ke SMA dulu. 

Beragam jenis prosedur haruslah dilewati sebagai bentuk seleksi yang telah ditetapkan oleh pihak perguruan tinggi seperti SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri untuk kampus negeri, sedangkan tes tertulis bagi kampus swasta. Untuk itu kamu perlu membaca informasi berikut supaya lebih siap lagi.

Gambar oleh <a href="https://pixabay.com/id/users/veerasantinithi-6722948/?utm_source=link-attribution&amp;utm_medium=referral&amp;utm_campaign=image&amp;utm_content=2941924">นิธิ วีระสันติ</a> dari <a href="https://pixabay.com/id/?utm_source=link-attribution&amp;utm_medium=referral&amp;utm_campaign=image&amp;utm_content=2941924">Pixabay</a>

6 Persiapan Penting Supaya Kamu Bisa Diterima Kampus Impian

1. Menentukan Bidang yang Akan Didalami

Sebelum kamu memutuskan untuk masuk ke kampus impian, alangkah baiknya jika menentukan bidang yang akan didalami terlebih dahulu. Tak perlu ikut-ikutan teman dan saran orang lain karena berbagai alasan salah satunya prospek kerja. 

Pasalnya kamu sendiri lah yang lebih tahu apa yang paling disukai dan dinginkan. Jangan sampai kamu menyesal ketika sudah terlanjur keterima.

Bahkan kejadian seperti tidak melanjutkan perkuliahan karena merasa terbebani dan tidak sejalan sangat sering terjadi di beberapa kampus. Untuk itulah kamu wajib memikirkan matang-matang agar kejadian buruk tidak dirasakan. 

Disamping itu kamu juga jangan melupakan kosekuensinya, karena setiap ilmu ataupun jurusan pasti mempunyai resiko masing-masing, sehingga kesiapan pun wajib dimiliki.

2. Mencari Perguruan Tinggi yang Menyediakan Program Keinginan Kamu

Meskipun Indonesia mempunyai kampus dengan jumlah banyak, namun tidak menutup kemungkinan jika program yang akan kamu tempuh tidak disediakan. Maka dari itu kamu juga tidak boleh melewatkan survei ke beberapa perguruan tinggi untuk mengetahui apa saja sih program yang ada disana. 

Dengan begitu kamu tidak harus mengubah impian apabila tempat yang sudah diincar tidak memiliki bidang keinginan. Sementara itu agar meminimalisirkan persoalan tadi buatlah minimal 3 nama kampus impian untuk menjadi alternatif. 

Lihat pula peluang keterima dan kisaran pendaftar di setiap tahunnya. Hal ini bertujuan agar kamu dapat mempersiapkan tes dengan semaksimal mungkin jika tahu tingkat persaingannya.

3. Menetapkan Jurusan Kuliah

Persiapan penting yang juga wajib menjadi prioritas kamu sebelum ikut tes adalah menetapkan jurusan kuliah. Pertimbangkan secara mantap karena ada begitu banyak pilihan yang akan membingungkan jika tidak mempunyai pegangan yang kuat. 

Kalau kamu masih bingun bisa mengajak diskusi orangtua ataupun guru BK. Buat beberapa pilihan untuk mendapatkan keputusan terbaik. Biasanya kemungkinan penerimaan mahasiswa di setiap jurusan akan sangat diperhitungkan oleh kampus. 

Bisa saja hanya 0,5% peluang yang dimiliki oleh setiap pendaftar, itu artinya kamu harus berjuang keras untuk bisa merebut bangku kosong tersebut. Pastikan juga jika kamu sudah mempunyai alasan logis kenapa memilih jurusan itu.

Informasi lain meskipun kamu sangat kepincut dengan pilihan jurusan pertama namun tetap persiapkan jurusan lain sekalipun itu di kampus yang sama. 

Sehingga ketika kamu tidak lolos di pilihan pertama pihak perguruan tinggi akan mempertimbangkan ke prodi kedua. Jadi secara tidak langsung langkah ini dapat memperluas kamu diterima pada kampus impian yang sudah dipilih.

4. Cari Motivasi dan Sebisa Mungkin Terapkan Pada Diri Sendiri

Lulus dari Sekolah Menengah Atas bukanlah akhir dari perjalanan kamu, melainkan awal kisah yang sangat melelahkan. Tak jarang anak merasa lelah dan akhirnya menyerah pada perjalanannya meskipun mimpinya sudah dibangun jauh-jauh hari. 

karenanya ketika kamu sudah masuk ke jalan perjuangan carilah motivasi dari orang-orang hebat pada media internet, buku, dan lainnya. Jangan hanya dibaca namun terapkan pada diri sendiri. Mental kamu harus sekuat baja dengan hati yang tegap pula. 

Akan tetapi kamu juga harus menjaga kesehatan fisik dan jangan terlalu dipaksa. Jika lelah istirahat dan nanti dilanjutkan lagi berjuangnya. Dengan begitu ketika waktu tes tiba kamu sudah siap untuk terjun ke medan perang dengan membawa kemenangan.

5. Membuat Jadwal Belajar yang Menarik dan Efektif

Jadwal belajar menjadi kalender calon mahasiswa yang banyak memberikan manfaat. Terlebih kamu mempunyai banyak keinginan untuk masuk kampus impian. Padatnya jadwal kelas 12 akan menyulitkan kamu untuk membagi waktu belajar UN, Tes, Praktik, dan lain sebagainya. 

Untuk sebab itu aturlah jadwal yang paling menarik supaya menjadi pengingat kamu dalam belajar. Namun juga jangan dibuat saja dan tidak dijalani karena itu akan sia-sia. Konsisten dan rajin adalah kunci utama supaya kamu dapat menguasai soal-soal tes perguruan tinggi juga ujian di sekolah. 

Memang tak mudah namun jika kamu yakin dan terus berusaha maka hasil tidak akan menghianati itu semua. Jadi tetap semangat untuk memperjuangkan perguruan tinggi yang dicita-citakan.

6. Berdoa

Untuk bisa diterima di kampus impian kamu tidak hanya perlu belajar, berjuang, dan berkorban. Akan tetapi kamu juga harus berdoa dan meminta kepada Tuhan untuk memberikan kesempatan kamu supaya bisa lolos dan menjadi mahasiswa di kampus impian.

Itulah sejumlah persiapan yang harus kamu lakukan ketika berkeinginan masuk ke kampus impian. Selagi belajar tetap perhatikan waktu makan dan istirahat agar tidak drop ketika tes maupun ujian sudah tiba. Satu lagi agar tidak stress kamu juga butuh untuk refreshing meskipun sebentar namun itu berdampak besar bagi otak. Semoga berhasil dan mendapatkan apa yang diimpikan selama ini.


Posting Komentar untuk "Persiapkan Hal Ini Jika Kamu Ingin Masuk Kampus Impian"